I. APA ITU SEO?

SEO singkatan dari Search Engine Optimazion (Optimasi Mesin Pencari) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas kualitas kunjungan  melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Secara umum proses yang dapat dilakukan pada SEO dikategorikan menjadi dua, yaitu on-site dan off-site.

A. Optimasi On-Page

On-page SEO lebih mengarah kepada optimasi sisi desain]n maupun konten website. Dengan kata lain On-page SEO adala upaya agar website kita tampil optimal. Sama sekali tidak ada campur tangan pihak luar. Pada proses ini dilakukan tindakan spesifik pada website anda untuk meningkatkan peringkatnya di mesin pencari, seperti memilih kata-kata yang tepat untuk link navigasi, metatags, dan isi dari website. Dengan melakukan hal tersebut, akan mempermudah mesin pencari dalam menentukan tema dari website tersebut. Sehingga mesin pencari akan menampilkan dokumen yang relevan ketika menerima keywords dari user.

B. Optimasi Off-Page

Optimasi ini dilakukan untuk mendongkrak popularitas dan PageRank blog anda atau juga mempertahankan PR yang telah didapat oleh blog anda. Optimasi off-page SEO meliputi jumlah backlink, backlink yang berkualitas dan backlink natural yaitu yang berasal dari search engine melalui keyword yang anda bidik.

II. SEJARAH

Menurut Danny Sullivan (pendiri situs web Search Engine Watch), istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.

Versi awal al goritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada su atu halaman web dengan serangkaian katakunci (keyword). Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.

Larry Page dan S ergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk memeringkat halaman web. Algoritma tersebut, yang dinamakan PageRank, merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas kualitas masing-masing link tersebut.

Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi. Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi seperti Yahoo! atau DMOZ dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link dari seratus situs web berkualitas rendah.

Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998 Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yan

g berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan. PageRank lantas menjadi standar baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs webnya memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian.

III. WHITE HAT VS BLACK HAT

Teknik SEO dapat dikategorikan menjadi 2, yaitu

A. White hat

White Hat merupakan optimasi suatu keyword sesuai yang dianjurkan pada TOS (Terms Of Service) mesin pencari, yaitu menerapkan cara-cara natural dengan proses offpage dan onpage optimization natural menggunakanproses backlinking standar, normal, dan tanpa rekayasa. Berikut ini adalah beberapa contoh yang dapat dilakukan untuk mengimplementasikan white hat SEO :

  • Internal Linking
    Internal lingking adalah upaya untuk mengaitkan satu halaman/posting ke halaman/posting yang lainnya. Satu konten halaman posting biasanya pasti berhubungan dengan posting halaman lain. Contoh mudah Internal Linkin g adalah bila sesekali membuka satu halaman web dengan judul tertentu, Anda akan disuguhi pula dengan halaman atau posting lain yang berkaitan dengan halaman yang sedang Anda baca.
  • Reciprocal Linking
    Bertukar link dengan webmaster lain adalah cara yang baik (bukan yang terbaik, tapi baik) dalam upaya untuk mendapatkan tambahan link masuk ke situs Anda. Sebenarnya dalam teknik bertukar link ini ada satu hal yang perlu diperhatikan, yaitu tentang relevansi. Apa maksudnya? Relevansi adalah hal dimana link yang masuk dan juga link keluar relevan dengan tema utama. Sebagai contoh, link pada situs tertentu yang bertema bisnis akan lebih baik bila dapat melakukan link ke situs lain yang juga bertema sama. Meskipun demikian bukan berarti link dari situs tertentu yang tidak berhubungan sama sekali tidak bermanfaat. Ini akan bermanfaat pada penciptaan traffic meskipun tidak begitu signifikan, kemudian dari traffic ada harapan bahwa beberapa pengunjung yang datang adalah target.
  • Content Creation
    Isi content sebuah web merupakan inti. Jika konten yang terdapat di dalamnya benar benar sesuai yang dicari pengunjung, maka prospek semakin bagus. membuat konten yang menarik dan bagus mungkin, informatif, mudah dimengerti dan difahami, termasuk di dalamnya menggunakan huruf yang mudah dibaca dan lain sebagainya merupakan hal yang tepat dalam mengoptimasi website anda pada mesin pencari.

B. Black Hat

Black Hat Optimasi suatu keyword menggunakan cara-cara atau teknik yang tidak sesuai dengan TOS mesin pencari, biasanya menggunakan bantuan software-software tertentu dan script-script yang dirancang khusus untuk black hat. Jika mesin pencari menemukan situs terlibat yang dalam black hat SEO ini akan menghapus situs dari Index.

Black hat SEO melibatkan beberapa metode, seperti mengulangi ungkapan-ungkapan yang tidak terkait, untuk memanipulasi relevansi atau keunggulan sumber daya diindeks oleh mesin pencari, dengan cara yang tidak konsisten dengan tujuan dari sistem pengindeksan. Beberapa orang menganggap itu menjadi bagian dari optimasi mesin pencari, meskipun ada banyak metode optimasi mesin pencari yang dapat meningkatkan kualitas dan tampilan isi situs web dan konten melayani berguna untuk banyak pengguna. Mesin pencari menggunakan berbagai algoritma untuk menentukan peringkat relevansi. Beberapa di antaranya adalah menentukan apakah istilah pencarian muncul dalam kata kunci META tag, yang lain apakah istilah pencarian muncul dalam tubuh teks atau URL dari suatu halaman web. Banyak mesin pencari memeriksa contoh spamdexing tersangka dan akan menghapus halaman dari indeks mereka. Juga, orang yang bekerja untuk sebuah organisasi mesin pencari dapat dengan cepat memblokir hasil-listing dari seluruh situs web yang menggunakan spamdexing, mungkin diperingatkan oleh keluhan pengguna pertandingan palsu. Bangkitnya spamdexing pada pertengahan 1990-an membuat mesin pencari terkemuka sepanjang waktu kurang berguna.

IV. Tips SEO

Ada banyak teknik SEO yang dapat dilakukan untuk mengoptimasi  blog ato website anda agar SEO friendly. Salah satu teknik paling tua tetapi masih juga efektif adalah dengan melakukan optimasi pada html meta tags, baik meta title tag, meta keyword tag maupun meta description tag. Umumnya mesin crawler search engine semisal google akan terlebih dahulu mengunjungi bagian ini dibanding dengan bagian-bagian yang lain. Jadi bisa dikatakan, HTML Meta Tag ini merupakan penuntun untuk crawler ketika mereka mengakses dan kemudian mengindeks website atau blog di mesin pencari. Berikut ini adalah tips untuk melakukan SEO pada blog berplatform blogspot.

  • Meta Title Tag
    1. Login ke account blogger anda,
    2. Pada dashboard, pilih edit layout–> edit HTML
    3. Cari kode title tag bawaan blogspot seperti dibawah ini, lebih mudah bila anda menggunakan ctrl+F 

    <title><data:blog.pageTitle/></title>

    4. Setelah kode tag tadi ketemu, highlight (blok) lalu ganti dengan kode dibawah ini:

    <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
    <title><data:blog.title/></title>
    <b:else/>
    <title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title>
    </b:if>

    5. Klik Save Template untuk menyimpan perubahan.

  • Meta Description Tag
    Meta Description Tag ini berfungsi memberi tahu  crawler mesin pencari tentang garis besar dari keseluruhan isi web atau blog kita.  Deskripsi yang baik adalah yang singkat, padat dan jelas, sebisa mungkin kata kunci utama diletakkan ada awal kalimat deskripsi ini. Selain itu, hindari pengulangan keyword yg berlebihan, sebaiknya deskripsi ini tidak lebih dari 160 karakter. cara memasang Meta Description Tag sebagai berikut :1. Login ke account blogger anda,
    2. Pada dashboard, pilih edit layout–> edit HTML
    3. Cari kode <head>, lalu masukkan kode berikut ini dibawahnya, sebelum kode </head>, lebih mudah bila anda menggunakan ctrl+F<meta content='disini tempat anda menuliskan deskripsi blog anda secara singkat dan jelas' name='description'/> 

    ganti tulisan berwarna merah diatas dengan deskripsi blog anda, lalu klik save template untuk menyimpan perubahan

  • Meta Keyword Tag
    Meta Keyword Tag ini adalah tempat anda menaruh daftar keyword atau kata kunci yang anda tuju pada web atau blog anda, dengan tujuan agar crawler search engine menaruh perhatian lebih pada kata kunci atau keyword2 tersebut. Keyword sebaiknya terdiri dari dua kata atau lebih (keyphrase), karena orang mengetikkan kata kunci pada kotak pencarian di mesin pencari umumnya lebih dari satu kata, misal kata kunci “belajar ngeblog” atau “tutorial blogspot“. cara memasang meta keyword tag ini adalah sebagai berikut.1. Login ke account blogger anda,
    2. Pada dashboard, pilih edit layout–> edit HTML
    3. Cari kode <head>, lalu masukkan kode berikut ini dibawahnya, sebelum kode </head>, lebih mudah bila anda menggunakan ctrl+F<meta content='keyword1, keyword2, keyword3, keyphrase1, keyphrase2, keyphrase3' name='keywords'/> 

    ganti tulisan berwarna merah diatas dengan keyword atao keyphrase yang anda bidik pada blog anda, lalu klik save template untuk menyimpan perubahan

V. 7 HAL PENTING DALAM SEO

Ada 7 hal penting yang perlu diperhatikan dalam SEO agar website anda dapat berada pada posisi teratas di mesin pencari seperti Google, Yahoo!, Bing dan lainya.

1. Konten dan Struktur Website

Saat website Anda memiki konten yang terbanyak di internet, maka website Anda, jika Website Anda tidak tersruktur dengan baik maka saat Informasi dicari diwebsite Anda, Pengunjung akan meninggalkan Anda. Jadi buat terstruktur website Anda. Pasang Sitemap yang mempermudah pengunjung untuk memperoleh informasi dengan cepat

2. Teknis Pengembangan Website.

Hal ini yang mengetahuinya adalah Programmer Website Anda, sehingga hal-hal seperti lokasi penempatan hosting yang terbaik untuk target market Anda, redirect pages, error pages, penggunaan javascript dan hal-hal teknis lainnya sebaiknya diperhatikan. Sehingga saat seseorang tidak memperoleh informasi dari halaman Anda yang Error, dia dapat dialihkan kebagian lain yang dapat memberikan dia Informasi lainnya yang tentunya Informatif bagi pengunjung Anda. Gunakan juga Webmaster Tools untuk mengembangkan Optimasi terhadap Website Anda.

3. Pengembangan Content

Lagi-lagi masalah isi … content Anda harus informatif, benar, aktual, berguna bagi pengunjung Anda yang mencari informasi. Jadi perhatikan benar-benar pengembangan Contentnya. Content Anda juga sebaiknya selalu uptodate alias tidak ketinggalan jaman. Pastikan website Anda selalu di Update, karena Search Engine sangat menyukai hal ini, sesuatu yang selalu up to date.

4. Promo/Iklan

Promosikan Website Anda di Direktori-Direktori Website di Internet, Juga Submit Website Anda ke Search Engine, promosikan secara Online maupun Offline (stiker, spanduk, dan lain sebagainya) karena ini akan meningkatkan traffic ke website Anda. Bila perlu pasang iklan berbayar di Internet (seperti google adwords dll).

5. Riset Keyword

Riset Keyword sangat menentukan posisi Anda di Mesin Pencari. Tentukan Keyword-keyword yang berhubungan dengan website Anda atau informasi yang akan Anda berikan kepada pengunjung Anda. Gunakan Tools-Tools pencari keyword dan juga Search Engine Keyword Tools untuk optimasi keyword atau kata kunci yang biasa digunakan pengunjung untuk mencari informasi yang mereka perlukan.

6. Training SEO

Ini juga diperlukan agar Anda selalu update terhadap informasi terbaru dari orang-orang yang mungkin lebih dahulu tahu tentang Optimasi Mesin Pencari. Banyak Training SEO bahkan kontes SEO yang diadakan yang bisa membantu Anda untuk berimprovisasi secara teknik-teknik Optimasi Mesin Pencari.

7. Target Market yang Spesifik

Ini penting, karena saat Anda menentukan Target Anda dengan tepat, lokasi geografis pengunjung Anda, dan target-target bisnis Anda maka ini akan menentukan Profit yang bisa Anda dapatkan.

Sumber :

http://en.wikipedia.org/wiki/Search_engine_optimization

http://id.wikipedia.org/wiki/SEO

http://siswoutomo.wordpress.com/2010/07/11/blogging-tips-seo-bisnis-online-pengertian-seo-white-hat-black-hat/

http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/business-economy/2090412-white-hat-seo/

http://www.linkexchangesystem.net/selected_news_52_id

http://www.belajarngeblog.com/tips-seo-optimasi-mesin-pencari-dengan-html-meta-tag

http://www.ilpeng.com/2010/01/rahasia-seo-2010-cara-terbaik-optimasi.html

http://inilahkita.com/files/2009/09/7-POIN-PENTING-OPTIMASI-SEARCH-ENGINE.pdf

 

imisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.